Pages

Ads 468x60px

Senin, 04 November 2013

Kelebihan dan Kekurangan Layar IPS




Di sini akan diulas mengenai apa itu layar ips, dan apa saja kelebihan dan kekurangan layar IPS


IPS adalah singkatan dari In Plane Swtiching, IPS merupakan teknologi panel pada LCD yang memungkinkan panel tersebut memiliki lebar dengan sudut penglihatan yang lebih baik dari pada panel konvensional. Jadi ketika dipandang atau dilihat dari sudut yang tidak biasa, tampilan layar tidak akan banyak berbeda saat dipandang dari sudut normal. Teknologi IPS merupakan panel terbaik saat ini. Istilah IPS memang baru belakangan ini sering disebutkan dalam spesifikasi handphone kelas menengah ke atas, namun sebenarnya panel IPS sudah diterapkan pada berbagai layar LCD, namuan tidak disebutkan spesifikasinya.

TFT atau Thin Film Transistor  merupakan teknologi panel yang banyak digunakan oleh produsen monitor LCD yang ingin meningkatkan kualitas gambar tapi dengan harga ringan. IPS adalah julukan dari teknologi baru untuk TFT, tentunya dengan harga yang lebih mahal. Spesifikasi dari teknologi panel IPS dianggap terbaik untuk tingkat akurasi yang tinggi dalam warna, kualitas gambar dan sudut pandang yang lebar.



Panel IPS menawarkan reproduksi gambar yang sangat baik dan cocok untuk fotografi, desain grafis, produksi film, CAD atau CAM teknik, medis dan juga aplikasi keamanan. sebuah gambar pada layar akan terlihat bahkan pada sudut pandang hingga 178 derajat. Selain itu layar panel IPS merupakan panel yang keras dan tahan terhadap benturan

IPS awalnya dikembangnya oleh salah satu perusahaan yang paling terkanal di jepang yaitu Hitachi pada tahun 1996 untuk memecahkan masalah TN-Matriks. Saat ini ips banyak digunakan oleh para produsen LCD.  Lalu setiap produsen memberi nama pada layar IPS buatan mereka, seperi Super IPS, Advance Super IPS, IPS Provctus, Hotizontal IPs, dan Enchaced IPS.

Kekurangan dari layar IPS kecerahannya tidak tampil lebih baik dari panel TN, lalu ketika ada tampilan grafis yang bergerak pada kecepatan tinggi, terkadang bisa meninggalkan jejak. IPS merupakan layar yang harganya cukup mahal.

Itulah informasi mengenai pengertian dari layar IPS kelebihan dan kekurangan layar IPS, semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...